PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS AFEKTIF BELAJAR MAHASISWA BK REGULER B 2015 FIP UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sajidah, (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS AFEKTIF BELAJAR MAHASISWA BK REGULER B 2015 FIP UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1131151021_COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1131151021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1131151021_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1131151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1131151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1131151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1131151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1131151021_BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1131151021_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1131151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kreativitas afektif belajar mahasiswa BK reguler B 2015 FIP Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d bulan Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan pre-test post-test one group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan Konseling stambuk 2015. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang mahasiswa BK dari kelas reguler B 2015 secara heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kreativitas afektif belajar yang berjumlah 40 item pernyataan yang sudah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan bahwa J hitung = 26 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 26>8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-testkreativitas afektif belajar diperoleh skor rata-rata 94,6 sedangkan data post-testkreativitas afektif belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 128. Artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik role playinglebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik role playing.Layanan bimbingan kelompok teknik role playing memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap peningkatan kreativitas afektif belajar mahasiswa BK Reguler B 2015 FIP Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Zuraida196302161987032001
Call Number: SK-2017 BK 012
Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Role Playing; Kreativitas Afektif Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24850

Actions (login required)

View Item View Item