PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TEKNIK SYMBOLIC MODELS TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DENGAN TEMAN SEBAYA MAHASISWA BK NON REGULER 2016 FIP UNIMED T.A 2016/2017

Hasibuan, Sakinah (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TEKNIK SYMBOLIC MODELS TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DENGAN TEMAN SEBAYA MAHASISWA BK NON REGULER 2016 FIP UNIMED T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133151040_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133151040_COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133151040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133151040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133151040_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133151040_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133151040_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133151040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133151040_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133151040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133151040_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133151040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133151040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133151040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133151040_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133151040_BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1133151040_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1133151040_BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133151040_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133151040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan behavioristik teknik symbolic models terhadap
penyesuaian diri dengan teman sebaya mahasiswa kelas BK non reguler 2016 T.A
2016/2017 FIP UNIMED. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari s/d
April 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Pre
experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan Konseling stambuk
2016. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak
7 orang yang berasal dari kelas BK Non Reguler dengan sampel yang heterogen.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket penyesuaian diri
dengan teman sebaya berjumlah 53 item pernyataan yang telah valid dan reliabel
kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh
J hitung = 13 dengan  = 0,05, adapun J tabel = 2. Dari data tersebut terlihat
bahwa Jhitung > JTabel dimana 13 > 2. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test
penyesuaian diri dengan teman sebaya diperoleh skor rata-rata 127, sedangkan
data post-test penyesuaian diri dengan teman sebaya diperoleh skor rata-rata
sebesar 164. Artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapat layanan
konseling kelompok pendekatan behavioristik teknik symbolic models lebih tinggi
daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok pendekatan
behavioristik teknik symbolic models. Layanan konseling kelompok pendekatan
behavioristik teknik symbolic models memberikan kontribusi sebesar 29,13%
terhadap peningkatan penyesuaian diri dengan teman sebaya mahasiswa BK Non
Reguler 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 007
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Symbolic Models, Penyesuaian diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:03
Last Modified: 15 Jun 2017 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item
View Item