PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII MTS SWASTA ISTIQLAL DELI TUA TAHUN AJARAN 2014/2015

Hajar, Ibnu (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII MTS SWASTA ISTIQLAL DELI TUA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui model Direct Instruction pada siswa kelas VII MTs Swasta Istiqlal Deli Tua Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C MTs Swasta Istiqlal Deli Tua yang berjumlah 32 orang diantaranya terdiri dari 18 siswa putra dan 14 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing sepak bola masih rendah yaitu 10 siswa (31,25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (68,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 17 siswa (53,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (46,88%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 72,31. Pada siklus II hasil belajar passing sepak bola dengan kaki bagian dalam yaitu 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 79,37. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 7,06 dan peningkatan nilai ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 34,38% Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui model Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VII MTs Swasta Istiqlal Deli Tua Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSunarno, Agung196601151992031003
Call Number: SK-2015 PJS 011
Keywords: Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Sepak bola; Model pembelajaran; Direct instruction
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24638

Actions (login required)

View Item View Item