PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Armiadi, (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.8146122005. JUDUL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8146122005. LEMBAR PENGESAHAN-PERSETUJUAN-PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.8146122005. ABSTRAK B. INDO + B. ING.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8146122005. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.8146122005. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.8146122005. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.8146122005. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.8146122005. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.8146122005. BAB. 1.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8146122005. BAB. 5.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8146122005. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran intaraktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika yang layak digunakan. (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran intaraktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan yang lebih dikenal dengan nama model 4D, yaitu :Define (definisi), Design (Design), Develop (Pengembangan), Dissemnate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan, (1) validasi ahli materi (86%) dengan kategori sangat baik, (2) validasi ahli desain instruksional (85%) dengan kategori sangat baik, (3) validasi ahli media pembelajaran (89%). (4) ujicoba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (89%), (5) ujicoba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (86,3%), (6) ujicoba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (81%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian media pembelajaran interaktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika layak digunakan. Pada tahap penyebaran di empat sekolah berbeda menunjukkan adanya kenaikan rata-rata dari nilai pretesdan posttest yaitu dari 63,65 menjadi 86,9. Serta persentase rata-rata hasil penilaian terhadap produk multimedia interaktif berbasis budaya memburoleh nilai 83,56% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian media pembelajaran interaktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 372.7 Arm p
Keywords: Media pembelajaran; Kebudayaan; Pembelajaran matematika; Macromedia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 03:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24508

Actions (login required)

View Item View Item