PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI

Nasution, Zulaini Masruro (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136172096 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136172096 APROVAL SHEET2.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136172096 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136172096 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136172096 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136172096 TABLES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136172096 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136172096 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136172096 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136172096 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM,PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 diberi PBM dan kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran PMR. Instrumen yang digunakan terdiri dari : tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan Uji analisis varian dua jalur (ANAVA). Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Call Number: 510.071 Nas p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pendidikan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 07:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24505

Actions (login required)

View Item View Item