UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DI KELAS V SD. NEGERI NO. 105332 SEIBLUMEI TANJUNGMORAWA TA. 2016/2017

Batubara, Atika Syahfitri (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DI KELAS V SD. NEGERI NO. 105332 SEIBLUMEI TANJUNGMORAWA TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133111009 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133111009 DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133111009 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133111009 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1133111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1133111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi Jasa dan Peran Tokoh Kemerdekaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Jasa dan Peran Tokoh di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) di kelas V SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa di pada semester genap TA. 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berupa soal pilihan ganda dan observasi berupa observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 38,67 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 2 orang (5,88%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 32 orang (94,12%). Selanjutnya dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 66,17 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 orang (64,71%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 12 orang (35,29%). Kemudian dilanjutkan perbaikan pada siklus II dan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 82,05 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 orang (91,18%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 3 orang (8,82%). Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah mencapai standar ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa TA. 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Sortha19590610185032001
Call Number: SK-2017 PGSD 128
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2017 04:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24419

Actions (login required)

View Item View Item