PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (PROJECTED STILL DAN PROJECTED MOTION MEDIA) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PENGOLAHAN MAKANAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Lestari, Sri (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (PROJECTED STILL DAN PROJECTED MOTION MEDIA) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PENGOLAHAN MAKANAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123142038 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123142038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123142038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5123142038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123142038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123142038 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123142038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5123142038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5123142038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123142038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123142038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pada pelajaran Teknologi Pengolahan Makanan. 2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan multimedia pada pelajaran Teknologi Pengolahan Makanan. 3) Pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar Teknologi Pengolahan Makanan. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Waktu penelitian dilaksanakan pada November 2016 - Februari 2017. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa (35 siswa kelas kontrol dan 35 siswa kelas eksperimen). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrument tes menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus Kuder dan Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan rumus Chi Kuadrat (χ2), uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia sebagian besar 68,58 persen termasuk kategori cenderung cukup. 2) tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan multimedia sebagian besar 77,14 persen termasuk kategori cenderung cukup, sebesar 20 persen termasuk kategori cenderung tinggi dan 2,86 persen termasuk kategori cenderung kurang. Uji normalitas di kelas yang menggunakan multimedia diperoleh χ2hitung<χ2tabel (9,962<11,070), sedangkan uji normalitas di kelas yang tidak menggunakan multimedia diperoleh χ2hitung<χ2tabel (5,188<11,070). Uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel (1,02<1,86 ). 3) Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung>ttabel = 3,928 >1,668 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan multimedia pembelajaran (projected still dan projected motion media) terhadap hasil belajar Teknologi Pengolahan Makanan di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Artinya multimedia pembelajaran (projected still dan projected motion media) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran Teknologi Pengolahan Makanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Mastarina195512051981032001
Call Number: SK-2017 BOGA 029
Keywords: Multimedia; Teknologi pengolahan makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2017 03:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24407

Actions (login required)

View Item View Item