PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAWETAN BAHAN NABATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN

Tarigan, Siska (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAWETAN BAHAN NABATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5121142008. COVER.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.5121142008. APPROVAL.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5121142008.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5121142008. PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5121142008.Table Of Content.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5121142008. TABLES.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5121142008. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5121142008. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 5121142008.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5121142008. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Pengawetan Bahan Nabati. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas sehingga berjumlah 160 orang siswa. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara teknik simple random sampling dengan mengambil sebanyak 2 kelas yang terpilih dari 4 kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 36 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data hasil belajar dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran pembelajaran Make a Match diperoleh hasil uji kecenderungan tinggi sebesar 87,5%, dengan rata-rata hitung sebesar 27 dan standar deviasi 2,49. Dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh hasil uji kecenderungan cukup sebesar 82,5%, dengan rata-rata hitung sebesar 24,7 dan standar deviasi 2,55. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung> ttabel (18,25>1,697), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penerapan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar Pengawetan Bahan Nabati kelas X SMA Negeri 20 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIngtyas, Fatma Tresno196610011993032002
Call Number: SK-2017 BOGA 030
Keywords: Model pembelajaran make a match; Hasil belajar; Pengawetan bahan nabati
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2017 03:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24404

Actions (login required)

View Item View Item