PENGARUH MEDIA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKA PLUS AN-NIZAM MEDAN T.A 2016/2017

Astuti, Wiwik (2017) PENGARUH MEDIA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKA PLUS AN-NIZAM MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1131113025 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1131113025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1131113025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1131113025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1131113025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1131113025 TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1131113025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1131113025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1131113025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1131113025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah perkembangan nilai agama dan moral anak yang belum berkembang secara optimal. Hal tersebut dikarenakan anak didik mendapatkan proses pembinaan, pembentukkan, pengarahan dengan menggunakan metode yang belum bervariasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media bergambar terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TKA Plus An-nizam. Penelitian ini menggunakan 2 kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu B1 dan B2. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau rendom dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang dari tiap kelas. Kelas B2 sebagai kelas kontrol dan B1 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Variabel bebas adalah Media bergambar sedangkan variabel terikat adalah nilai agama dan moral. Instrument pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α= 0,05. Dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media gambar di kelas eksperimen memperoleh nilai rata- rata 2,96 tergolong dalam kategori Berkembang sesuai harapan. Dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan metode bercakap-cakap kelas kontrol memperoleh nilai rata – rata 2,24 tergolong dalam kategori mulai berkembang. Perkembangan nilai agama dan moral anak pada kelas eksperimen terdapat 35 % anak mendapatkan skor BSH ( Berkembang sesuai harapan) dan 65 % anak mendapatkan skor BSB ( Berkembang sangat baik) 0% anak mendapatkan skor MB (Mulai Berkembang), dan 0% anak mendapatkan skor BB( Belum Berkembang). Dikelas kontrol terdapat 35% anak mendapatkan skor BSH, 0% anak mendapatkan skor BSB ( Berkembang Sangat Baik), 65% anak mendapatkan skor MB(Mulai Berkembang) 0% anak mendapatkan skor BB ( Belum Berkembang). Hasil pengujian menyimpulakan bahwa h thitung > ttabel (5,6818> 1,7074), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: “Ada Pengaruh yang Signifikan Pada Media Bergambar Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Usia 5-6 Tahun di TKA Plus An-Nizam T.A 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: SK-2017 PAUD 018
Keywords: Nilai agama; Moral; Media gambar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Apr 2017 02:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item View Item