PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 104215 SUDIREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Hartati, Sri (2017) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 104215 SUDIREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1132111022_COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1132111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1132111022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1132111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1132111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1132111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1132111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1132111022_BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1132111022_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1132111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD Negeri 104215 Sudirejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD Negeri 104215 Sudirejo Tahun Ajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan adalah adakahterdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD Negeri 104215 Sudirejo Tahun Ajaran 2016/2017”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes uraian. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruhsiswa kelas V SD Negeri 104215 Sudirejo Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 47 orang. Penetapan sampel penelitian inisebanyak 47 orang, dengan mengambil seluruh jumlah populasi atau sampel jenuh (Total Sampling) karena jumlah sampel kurang dari 100 orang. Dengan menetapkan kelas V-A sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimenyang diberi perlakuan berupa pendekatan Open-Ended dan kelas V-B sebanyak 22sebagai kelas kontrolyang diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan model konvensional. Selanjutnya dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 31,16 setelah diberi perlakuan (postest)sebesar 63,63 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 29,41 setelah diberi perlakuan (postest) sebesar 40,91. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V digunakan rumus uji t. Dari uji t tersebut diperoleh thitung = 7,948dengan ttabel = 2,0141pada taraf signifikasi α = 0,05 Dengan demikian 7,948>2,0141atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel, sehingga hubungan antara variabel x dan y dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat Pengaruh Yang positif dan Signifikan Antara Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri 104215 Sudirejo Tahun Ajaran 2016/2017“dapat diterima”. Dimana semakin tinggi penggunaan pendekatan Open-Ended maka semakin tinggi kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutasuhut, Edidon195703231987031002
Call Number: SK-2017 PGSD 114
Keywords: Matematika; Open-ended; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24314

Actions (login required)

View Item View Item