HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SWASTA PANCA BUDI TAHUN AJARAN 2016/2017

Afridayanti, (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SWASTA PANCA BUDI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1132111028_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1132111028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1132111028_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1132111028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1132111028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1132111028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1132111028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1132111028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1132111028_BAB I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1132111028_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1132111028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dikarenakan cakupan pembelajaran IPS yang begitu luas dengan penggunaan media pembelajaran yang terbatas. Salah satu hal yang menyebabkan tinggi rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan media belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Pemanfaatan Media Audio Visual denganHasilBelajar IPS Siswa. Media pembelajaran berbasis audio-visual adalah media pembelajaran yang melibatkan dua indra sekaligus dalam penyampaian informasi, yaitu indra penglihatan (visual) dan pendengaran (audio). hasil belajar IPS adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar IPS dan merupakan hasil dari realisasi dari proses belajar IPS tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Panca Budi Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan populasi sebanyak 60 orang dan dengan sampel 60 orang (α = 0,05). Populasi diambil dari kelas5. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing masing variabel dengan skala linkert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran Pemanfaatan Media Audio Visual kriteria cukup (Mean = 74,8) dan hasil belajar IPS siswa pada kriteria rendah(Mean =79,56). Hasil analisis korelasi antara pemanfaatan media audio visual dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai korelasi 0,29. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel α = 0,05 ( 0,25) maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Uji hipotesis dengan Uji t diperoleh nilai 2,30 dan dengan membandingkan kepada nilai ttabel α = 0,05 (2,00) sehingga penelitian signifikan, maka Ho ditolakdan Ha dapat diterima. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara pemanfaatan media audio visual dengan hasil belajar IPS siswa. Kesimpulan dalam penelitiana dalah semakin tinggi tingkat pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran, maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Walaupun media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa namun sebaiknya hasil belajar IPS siswa ini dapat diarahkan oleh guru kearah yang lebih baik dengan cara memanfaatakan berbagai media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang bervariasi agar proses belajar mengajar lebih baik dan hasil belajar IPS siswa juga lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIrsan, 196103231987031001
Call Number: SK-2017 PGSD 095
Keywords: Media pembelajaran; Media audio visual; Hasil belajar;
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24283

Actions (login required)

View Item View Item