PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI ( GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKANMEDIAPETAKONSEPTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II MAN 2 MEDAN T. P.2016/2017

Hariyanti, Eliza (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI ( GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKANMEDIAPETAKONSEPTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II MAN 2 MEDAN T. P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0NIM 4123121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 4123121014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 4123121014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 4123121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 4123121014 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 4123121014 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 4123121014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123121014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GIMengunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-1sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35.55dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 35.27. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1398dan Ltabel = 0.1477. Pada kelas kontrol Lhitung = 0.1078dan Ltabel = 0.1477 sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,045 dan Ftabel = 1,79 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GIadalah 72.50 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 62.63. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media peta konsep. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI Mengunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Ratna196102251988032001
Call Number: SK-2017 FIS 062
Keywords: Model Pembelajaran,group investigation,hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 02:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24217

Actions (login required)

View Item View Item