PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI SMP SULTAN ISKANDAR MUDA

Andriani, Devi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI SMP SULTAN ISKANDAR MUDA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146171014 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146171014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146171014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146171014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146171014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146171014 TABLES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146171014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146171014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146171014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146171014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146171014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis model Inquiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMP; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model inquiri; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kota Medan, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sekolah yang dijadikan sebagai subjek untuk uji coba adalah SMP Sultan Iskandar Muda kelas VII-C. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model inquiri; Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model inquiri sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 And p
Keywords: Model inquiri; Berpikir kreatif; Pemecahan masalah matematis; Model 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24214

Actions (login required)

View Item View Item