PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA KARYA BHAKTI

Rangkuti, Darmina Eka Sari (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA KARYA BHAKTI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136171015 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136171015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136171015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136171015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136171015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136171015 TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136171015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136171015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136171015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136171015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek uji coba terbatas perangkat pembelajaran adalah siswa kelas VII SMP Swasta Karya Bhakti Medan. Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi Segiempat di kelas VII SMP. Validasi perangkat pembelajaran berdasarkan pada pendapat para validator yang telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan;dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kepraktisan dianalisis berdasarkan: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) respon siswa. Efektifitas dianalisis berdasarkan: (1) ketuntasan minimum kemampuan komunikasi matematika siswa; (2) Keaktifan aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan berhasil mengalami peningkatan dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah indikator kemampuan komunikasi matematis keempat yaitu membuat model matematika berdasarkan ide matematika yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 510.071 Ran p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran kontekstual; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24213

Actions (login required)

View Item View Item