HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 066047 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2016/2017

Hidayati,, Eko Anjar (2017) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 066047 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1131111011 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1131111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1131111011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1131111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1131111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1131111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1131111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1131111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1131111011 BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1131111011 BAB V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1131111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 066047 Medan Helvetia dengan populasi sebanyak 45 orang dan sampel dengan 45 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan instrument yang digunakan untuk mengukur perhatian orangtua adalah angket dengan jumlah 30 butir dinyatakan valid. Validitas tes diuji menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil 21 dinyatakan valid, sedangkan reliabilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 1,026 pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%. Untuk mengetahui hasil belajar siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan menggunakan DKN kelas V semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 sebagai sumber data. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment sedankan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,301 sedangkan rhitung sebesar 0,319 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh rhitung sebesar 2,206 dan rtabel 2.016. Sehingga dapat dikatakan bahwa perhatian orangtua memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa perhatian orangtua akan berdampak pada hasil belajar anak. Semakin baik perhatian orangtua maka semakin tinggi hasil belajar siswa SD Negeri 066047 Medan Helvetia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Wildansyah195811111986011001
Call Number: SK-2017 PGSD 049
Keywords: Perhatian Orangtua, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2017 03:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24192

Actions (login required)

View Item View Item