RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA PEMBELAJARAN GERBANG DIGITAL PADA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Teguh, Albertus (2017) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA PEMBELAJARAN GERBANG DIGITAL PADA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113131003 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113131003 PREFACE .pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113131003 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113131003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113131003 LIST OF TABLES .pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113131003 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi atau kelayakan media pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Gerbang Didital. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 1 Percut Sei Tuan. Prosedur perancangan media pembelajaran berbasis multimedia pada pembelajaran Gerbang Digital yang dikemas dalam bentuk CD dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia oleh ahli media pertama dibuktikan dengan nilai skor 4,3 dengan Interpretasi “Sangat Baik” dan “Sangat Layak” dan begitu juga oleh ahli media kedua dibuktikan dengan nilai skor 4,35 dengan Interpretasi “Sangat Baik” dan “Sangat Layak”. Validasi oleh ahli materi Dosen dibuktikan dengan nilai skor 3,89 dengan Interpretasi “Baik” dan “Layak”. Dan validasi oleh ahli materi Guru Bidang Studi dibuktikan dengan nilai skor 4,22 dengan Interpretasi “Sangat Baik” dan “Sangat Layak” Berdasarkan hasil evaluasi angket yang diberikan kepada 20 siswa jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan kemampuan berbeda-beda, menunjukan media pembelajaran ini diminati oleh siswa dengan rata-rata skor 4,21 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dari rekapitulasi hasil validasi oleh ahli dan penilaian dari 20 siswa, maka rata-rata keseluruhan skor yang diperoleh adalah sebesar 4,19 dan dengan demikian rancang bangun media pembelajaran intreraktif menggunakan Macromedia flash 8 pada pembelajaran gerbang digital Sangat Baik dan Sangat Layak untuk di jadikan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: SK-2017 ELEK 018
Keywords: Multimedia pembelajaran; ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Apr 2017 09:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24180

Actions (login required)

View Item View Item