ANALISA PERBANDINGAN ANTARA METODE PD T-14-2003 (BINA MARGA) DAN METODE NAASRA UNTUK PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN RAYA, TAHUN AJARAN 2016/2017

Simbolon, Magdalena (2017) ANALISA PERBANDINGAN ANTARA METODE PD T-14-2003 (BINA MARGA) DAN METODE NAASRA UNTUK PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN RAYA, TAHUN AJARAN 2016/2017. Diploma thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5133210053 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5133210053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5133210053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5133210053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5133210034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5133210053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5133210053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5133210053 DAFTAR NOTASI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5133210053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 5133210053 BAB I.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5133210053 BAB IV.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5133210053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk membandingkan antara metode Metode Pd T-14-2003(Bina marga) dengan metode NAASRA. Untuk mengetahui metode mana yang lebih baik digunakan untuk perencanaan perkerasan kaku jalan raya di Indonesia. Perkerasan kaku jalan raya adalah merupakan perkerasan yang menggunakan semen sebagai bahan pengikat sehingga mempuyai tingkat kekakuan yang relatif cukup tinggi bila dibandingkan dengan perkerasan lentur sehingga memberikan kenyamanan bagi para penggunan jalan raya. Dalam perencanaan tebal lapisan dari suatu perkerasan kaku juga harus menggunakan setidaknya dua metode empiris agar diperoleh hasil perencanaan akhir dari studi perbandingan kedua metode tersebut dengan memperhatikan nilai-nilai yang lebih ekonomis dan efesien dengan maksud hal ini akan memberikan kemudahan berupa solusi dan alternative pemecahan masalah perencanaan konstruksi perkerasan jalan pada umumnya. Dalam perbandingan ini mengunakan Metode Pd T-14-2003 yang merupakan adopsi dari AUSTROADS, Pavement Design, A Guide to the Structural Design of Pavements (1992) dalam Departemen Pekerjaan Umum Tahun 1985 – SKBI 2.3.28.1985 dan NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities) yang merupakan wujud asli dari Metode Pd T-14-2003. Dari hasil perhitungan, berdasarkan umur rencana yaitu 20 tahun dengan CBR 6% , Faktor keamanan 1,1 dan Pertumbuhan lalu lintas 6% diperoleh tebal lapisan untuk Metode Pd T-14-2003 (Bina marga) yang dihitung memenuhi syarat yaitu 20 cm Dan untuk metode NAASRA diperoleh tebal lapisan sebesar 22 cm. Keduanya aman digunakan untuk perencanaan perkerasan kaku jalan raya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBatubara, Hamidun196602152000031001
Call Number: SK-2017 SIP 019
Keywords: Perkerasan kaku; Metode empiris; Studi perbandingan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA630 Structural engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24085

Actions (login required)

View Item View Item