PEMBELAJARAN NOTASI BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA ELSAVAN DALAM BIDANG STUDI VOKAL DI YAYASAN MUSIK GEREJAWI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

Niatirama, Lidia (2017) PEMBELAJARAN NOTASI BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA ELSAVAN DALAM BIDANG STUDI VOKAL DI YAYASAN MUSIK GEREJAWI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123140042 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123140042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123140042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123140042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123140042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123140042 TABLE OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123140042 TABLE OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123140042 TABLE OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2123140042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123140042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2123140042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran notasi braille pada siswa tunanetra elsavan dalam bidang studi vokal Di Sekolah Musik YAMUGER Rawamangun Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tuna netra Elsavan yang berjumlah 40 orang dengan mayor instrumen yang berbeda. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampel, sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa tunanetra Elsavan dengan bidang studi vokal yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi literatur, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pembelajaran vokal pada siswa tunanetra di SMY dengan pendekatan merasakan langsung dengan meletakkan tangan pada bagian wajah dan rongga mulut untuk menghasilkan efek bunyi yang diinginkan; 2) Rancangan tahapan pembelajaran notasi braille pada siswa tunanetra Elsavan di SMY adalah pendekatan Bottom Up yang dilakukan dengan memulai pembelajaran dari apa yang siswa ketahui, bukan memberi pelajaran dalam bentuk penjelasan langsung atau yang dikenal dengan Top Down; 3) Pembelajaran notasi braille dalam bidang studi vokal siswa tunanetra Elsavan di SMY dengan metode transposing yang sangat efektif dilaksanakan; 4) metode yang digunakan dalam belajar notasi braille untuk anak tunanetra Elsavan adalah metode tanya jawab, ceramah, dan metode demonstrasi; 5) Hasil pembelajaran notasi braille pada siswa tunanetra Elsavan dalam bidang studi vokal di SMY sangat baik. Hal ini terlihat dengan hasil-hasil perolehan prestasi siswa dan dapat belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Theodora195705041982032001
Call Number: SK-2017 MUS 004
Keywords: pembelajaran notasi braille, bidang studi vokal
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24084

Actions (login required)

View Item View Item