MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Silaen, Hanah Mariah (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1133311112 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1133311112 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1133311112 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1133311112 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1133311112 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1133311112 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1133311112 ACKNOWLEDMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1133311112 ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1133311112 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1133311112 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1133311112 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1133311112 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1133311112 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1133311112 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1133311112 LIST OF DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1133311112 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1133311112 LISTOF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1133311112 LISTOF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 1133311112 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 1133311112 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1133311112 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1133311112 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 1133311112 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 1133311112 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101776 Sampali T.A. 2016/2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi gaya gerak dan energi di kelas V SDN 101776 Sampali dengan menggunakan model pembelajaran think talk write T.A 2016/2017. Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Variabel dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VB dan selanjutnya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran IPA dengan materi Gaya Gerak dan Energi pada siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 101776 Sampali yang berjumlah 44 orang, 19 orang siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah aktivitas belajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti melaksanakan observasi di kelas VB. Nilai rata-rata kelas kondisi awal adalah 60,5 dengan jumlah siswa teraktivitas 11 orang atau 25% dari 44 orang siswa. Setelah dilaksanakan siklus I pertemuan 1 dengan menerapkan model pembelajaran think talk write, nilai rata-rata kelas menjadi 64,3 dengan jumlah siswa teraktivitas 13 orang siswa atau 29,5% dari 44 orang siswa. Pada siklus I pertemuan 2, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,3 dengan jumlah siswa teraktivitas 15 orang siswa atau 34,1% . Pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,1 dengan jumlah siswa teraktivitas 32 orang siswa atau 72,7%. Pada siklus II pertemuan 2, nilai rata-rata kelas sangat meningkat menjadi 81,9 dengan jumlah siswa teraktivitas 40 orang siswa atau 90,9% siswa yang teraktivitas. Hasil angket aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 45,4% dengan jumlah 20 orang siswa dilihat dari kriteria sangat baik dan baik. Pada siklus II meningkat menjadi 88,6% dengan jumlah siswa 39 orang siswa yang teraktivitas. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai 65%. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas guru meningkat menjadi 75%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai 85% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II pertemuan 2 dan tergolong sangat sesuai dengan RPP. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 014
Keywords: Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Materi pembelajaran; IPA; Think talk write
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Apr 2017 08:28
Last Modified: 11 Apr 2017 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item
View Item