PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN EKSPOSITORI YANG DILENGKAPI MODUL PADA DIKLAT ALAT UKUR KELAS X TSM SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH T.A 2016/2017

Siallagan, Jhon Sahat P (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN EKSPOSITORI YANG DILENGKAPI MODUL PADA DIKLAT ALAT UKUR KELAS X TSM SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122019 COPER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122019 TABLE.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122019 APENDICES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123122019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan model PBL (Problem Based Learning) dan Ekspositori yang dilengkapi modul pada Diklat alat ukur kelas X TSM SMK Negeri 1 Sei Rampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling jenis random assigment yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan Kelas X TSM 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan model PBL (Problem Based Learning), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model Ekspositori dilengkapi modul. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan model PBL(Problem Based Learning) dan Model Ekspositori yang dilengkapi modul. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,354 > 1,670 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Husni Wardi195807111983031026
Call Number: SK-2017 OTM 015
Keywords: Model PBL (problem based learning); Model ekspositori; Modul; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item