MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM DAN BASA KURIKULUM 2013 YANG DIBELAJARKAN DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PLAYER 8

Chandra, Yogi (2017) MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM DAN BASA KURIKULUM 2013 YANG DIBELAJARKAN DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PLAYER 8. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156141016 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156141016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156141016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156141016 TABLES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156141016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156141016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156141016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 SMK kelas XI semester 2 pada materi larutan asam dan basa berdasarkan standard isi yang telah ditetapkan oleh pakar dan tim ahli, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia materi larutan asam dan basa yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 dibandingkan dengan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia menggunakan program Macromedia Flash yang telah beredar di internet pada materi yang sama, dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri se-Kab. Deli Serdang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 73 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran kimia materi larutan asam dan basa yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 telah dikatakan sangat layak untuk diimplementasikan berdasarkan hasil kelayakan standarisasi isi yang telah ditetapkan oleh pakar dan tim ahli dengan nilai rata-rata 4,5 pada kelayakan tampilan, 4,8 pada kelayakan keterkaitan dengan materi dan 4,3 pada kelayakan pemograman (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player 8 dibandingkan dengan media pembelajaran kimia yang menggunakan program Macromedia Flash yang telah beredar di internet pada pokok bahasan yang sama, dengan nilai (Sig < α) dan (thitung > t tabel) yaitu (0,001 < 0,05) dan (3,643 > 2,00) (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar, dengan (Sig < α) yaitu (0,000 < 0,05) dengan koefisien determinasi sebesar 91,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSilalahi, Albinus195303201980121001
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Call Number: 547.037 071 9 Cha m
Keywords: Media pembelajaran kimia; Larutan asam dan basa; Macromedia flash player 8; Hasil belajar; Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Apr 2017 10:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23844

Actions (login required)

View Item View Item