PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Pasaribu, Partogian (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123122027 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 5123122027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123122027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM5123122027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123122027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123122027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123122027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5123122027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5123122027 BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122027 BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 39 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test dan post test pada kelas eksperimen adalah 43,87 dan 84,00 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 43,69 dan 75,59. Selanjutnya untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistik-t, dari perhitungan diperoleh nilai thitung dan ttabel pada taraf α = 0.05 dan ternyata thitung 5,1415 > ttabel 1,995 Berarti thitung lebih besar daripada ttabel. Dengan kata lain, Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan Demikian dapat Disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaryanto, Eka196511181992031001
Call Number: SK-2017 OTM 012
Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif tipe STAD; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23806

Actions (login required)

View Item View Item