PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR LANDASAN-LANDASAN PENDIDIKAN SD MAHASISWA PROGRAM PGSD D-II FIP UNIMED

Arjani, Nur (2007) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR LANDASAN-LANDASAN PENDIDIKAN SD MAHASISWA PROGRAM PGSD D-II FIP UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 035020173 Cover- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 035020173 Cover- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of 2. 035020173 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 035020173 Abstrak.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 3. 035020173 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 035020173 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 035020173 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 035020173 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 035020173 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 035020173 Bab V.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[thumbnail of 6. 035020173 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 035020173 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas dan kepercayaan din serta interaksi keduanya terhadap hasil belajar landasan-landasan pendidikan Sekolah Dasar. Pemberian tugas yang digunakan adalah tugas menulis jurnal akademik dan tugas penulisan makalah. Sedangkan kepercayaan din dibedakan alas kepercayaan diri tinggi dan rendah.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel mahasiswa Program PGSD-DII UNIMED kelas regular semester I tahun 2005/2006 sejumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri alas (1) tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar landasari-Iandasnn pendidikan Sekolah Dasar dan (2) Kuisioner untuk mengukur kepercayaan diri. Data yang terktunpul dianalisis dengan ANAVA 2 JALUR pada taraf signifikansi &#945;= 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (I) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang diberi tugas menulis jurnal akademik dan tugas penulisan makalah dalam mata kuliah landasan-landasan pendidikan Sekolah Dasar (Fh = 41,333 < Ft = 4,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan kepercayaan diri rendah (Fh=13,211 < Ft = 4,05), (3) terdapat interaksi antara pemberian tugas dan kepercayaan din terhadap basil belajar landasan-landasan pendidikan Sekolah Dasar (Fh=34,27 < Ft = 4,05).Hasil Uji Scheffe menunjukkan bahwa (I) terdapat perbedaan hasil belajar landasan-landasan pendidikan Sekolah Dasar antara mahasiswa yang diberi tugas penulisan jurnal akademik dan menulis makalah dan memiliki kepercayaan diritinggi (Fb=20,80>Ft=2,81; x T2K1=29,417< x T2K1=35,8462), (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar antara mahasiswa yang diberi tugas penulisan jumal akademik dan memiliki kepercayaan diri tinggi dan kepercayaan din rendah (Fh=2,28<Ft=2,81; x T2K1 =29,417<x T1K2=31,636), (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar antara mahasiswa yang diberi tugas penulisan jurnal akademik dan memiliki kepercayaan diri tinggi dan penulisan makalah pada mahasiswa yang memiliki kepercayaan din rendah(Fh=4,28>Ft=2,81 ; x T2K1 —29,417< x T2K2=26,357), (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Landasan-Landasan Pendidikan Sd antara mahasiswa diberi tugas penulisan jumal akademik yang memiliki kepercayaan diri rendah dan mahasiswa yang diberi tugas penulisan makalah dan kepercayaan diri rendah(Fh=8,52 > Ft= 2,81 ; x T1K2 =31,636<x T2K1=35,846), (5) terdapat perbedaan yang signifikan pada basil belajar Landasan-landasan pendidikan Sekolah Dasar antara mahasiswa yang diberi tugas menulis makalah untuk kepercayaan diri tinggi dart menulis jumal akademik untuk kepercayaan diri rendah (Fh--48,95>Ft=2,81; x T2K1=35,846> x T2K2=26,357), (6) terdapat perbedaan basil belajar Landasan-landasan pendidikan Sekolah Dasar antara mahasiswa yang diberi tugas penulisan jurnal akademik dan penulisan makalah untuk kepercayaan dirirendah (Fh----13,85>F1= 2,81; x T1K2 =31,636> x T2K2=26,357)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.154 3 Nur p
Keywords: Kepercayaan Diri; Pemberian Tugas; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item
View Item