PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TPTL DI SMK N 2 MEDAN

Tamba, Omser (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TPTL DI SMK N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5122131008 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5122131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5122131008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5122131008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5122131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5122131008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5122131008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 5122131008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5122131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan cara yang monoton pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran probing promting dengan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TPTL SMK Negeri 2 Medan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok Eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model pembelajaran probing promting, sedangkan pada kelas Eksperimen 2 siswa diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen dimana tidak ada perbedaan secara khusus. Penentuan kelas dilakukan denggan menggunakan metode claster sampling, dan kelas eksperimen 1 adalah kelas XI TPTL 1 dengan jumlah siswa 29 orang dan kelas Eksperimen 2 adalah kelas XI TPTL 2 dengan jumlah siswa 29 orang. Jadi, total siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 58 orang. Berdasarkan analisi data pada instalasi tenaga listrik, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran probing promting dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil pengujian hipotesis. Dimana pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, dengan taraf signifikan 5%. Harga thitung didapatkan sebesar 9.745 dan data tabel diketahui 1.672. Maka, kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 9.745 > 1,672 artinya Ha diterima yang berarti terdapat perbandingan hasil belajar instalasi tenaga listrik yang menggunakan model pembelajaran probing promting dengan yang menggunakan model pembelajaran problem Based Learning Kelas XI TPTL SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmin, Muhammad196801011994031003
Call Number: SK-2017 ELEK 013
Keywords: Hasil Belajar, Instalasi Listrik, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23683

Actions (login required)

View Item View Item