EFEKTIVITAS STRATEGI LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA ARTIKEL SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Ayuningtyas, Tri Andini (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA ARTIKEL SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi latihan terhadap peningkatan kemampuan menemukan ide pokok pada artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang dari 316 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol dikenai perlakuan strtategi konvensional, sedangkan kelas eksperimen dikenai perlakuan strategi latihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay, yaitu menemukan ide pokok pada artikel. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,38, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 81,38. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,73 pada taraf signifikansi α = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 36 – 1 = 35, maka diperoleh ttabel = 2,00. Jadi, thitung > ttabel = 5,73 > 2,00. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan Strategi Latihan berpengaruh positif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Strategi Latihan berpengaruh positif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok pada artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Perbaungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2011 IND
Keywords: Strategi Latihan,Menentukan Ide Pokok,Artikel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23674

Actions (login required)

View Item View Item