Sudianto, Ningrum (2011) KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I l KUALUH HULU LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
5. DFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami perubahan makna kata dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknik pembelajaran untuk meningkatkan mutu belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Teknik Pembelajaran Mencari Pasangan terhadap kemampuan memahami perubahan makna kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Post-test Only Desain Group. Populasi dalam penelitian berjumlah 201 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 32 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas. 32 orang di kelas eksperimen dan 32 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% atau 1% dengan df=(N1+N2)-2 = (32+32)-2 = 62. Pada tabel t dengan df=62 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% =2,65, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00<7,70>2,65, maka hipotesis nihil (Ho) ditolah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran memahami perubahan makna kata dengan teknik pembelajaran mencari pasangan lebih efektif dibandingkan pembelajaran memahami perubahan makna kata dengan teknik Jigsaw oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | sk-2011 IND | ||||||
Keywords: | Mencari Pasangan,Makna Kata,Perubahan makna | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2017 08:21 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |