KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I l KUALUH HULU LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Sudianto, Ningrum (2011) KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I l KUALUH HULU LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami perubahan makna kata dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknik pembelajaran untuk meningkatkan mutu belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Teknik Pembelajaran Mencari Pasangan terhadap kemampuan memahami perubahan makna kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Post-test Only Desain Group. Populasi dalam penelitian berjumlah 201 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 32 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas. 32 orang di kelas eksperimen dan 32 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% atau 1% dengan df=(N1+N2)-2 = (32+32)-2 = 62. Pada tabel t dengan df=62 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% =2,65, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00<7,70>2,65, maka hipotesis nihil (Ho) ditolah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran memahami perubahan makna kata dengan teknik pembelajaran mencari pasangan lebih efektif dibandingkan pembelajaran memahami perubahan makna kata dengan teknik Jigsaw oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: sk-2011 IND
Keywords: Mencari Pasangan,Makna Kata,Perubahan makna
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23664

Actions (login required)

View Item View Item