HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Simatupang,, Mutiara (2011) HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. kata pengantar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa kelas V SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Masalah dalam penelitian ini adalah minat baca cerpen anak, kemampuan siswa mengarang cerpen, dan hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan siswa mengarang cerpen. Kemampuan mengarang cerpen dibatasi pada cerpen anak yang bertemakan pendidikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian dengan teknik total sampling, yakni keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, yaitu cara atau tekhnik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala serta hubungan yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan tes bentuk penugasan. Setelah membahas permasalahan-permasalahan yang diteliti, diperoleh kesimpulan bahwa minat baca cerpen anak oleh siswa kelas V SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah cukup dengan skor rata-rata 54,73 dengan tingkat membaca cukup. Kemampuan mengarang cerita pendek (cerpen) siswa cukup dengan skor rata-rata 60,67, dan tingkat kemampuan 60,67%. Selanjutnya ada hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan statistik uji korelasi r product moment diperoleh nilai rxy = 0,604 dan nilai korelasi tersebut signifikan setelah diuji dengan membandingkan nilai kritisnya yaitu 0,604 > 0,361(0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan siswa mengarang cerpen diperlukan pemahaman guru tentang pentingnya minat baca cerpen. Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan guru maupun pihak sekolah setempat dengan menyediakan cerpen anak di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, T.A94812291980032202
Call Number: Sk-2011 IND
Keywords: Cerpen Anak,Menulis,Mengarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23659

Actions (login required)

View Item View Item