EFEKTIVITAS TEKNIK MEMBACA FORMULA 5S UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA SISWA KELAS VII SMP SWASTA TRI SAKTI II MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Barimbing,, Moppo Paremean (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK MEMBACA FORMULA 5S UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA SISWA KELAS VII SMP SWASTA TRI SAKTI II MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daft lampiran.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Paftar Pustaka Hal 70-71.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama siswa yang dibimbing dengan Teknik Membaca Formula 5S lebih baik dari teknik pendekatan tradisional pada siswa kelas VII SMP Tri Sakti II Medan tahun pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas teknik membaca Formula 5S dalam pembelajaran menemukan masalah utama berita bertopik sama oleh siswa kelas VII SMP Swasta Tri Sakti II Medan tahun pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Tri Sakti II Medan yang berjumlah 162 orang. Dari populasi tersebut dengan pengontrolan yang ketat diambil sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi menjadi 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama. Instrumen tes telah diujicobakan sehingga diketahui validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post-test only group design. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan teknik membaca Formula 5S sebesar 75,50 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan teknik pendekatan tradisional adalah 64,75. Dari perhitungan statistik “t” diperoleh harga thitung sebesar 5,22 pada α = 0,05 dan dari tabel “t” pada daftar tabel untuk α = 0,05 sebesar 2,02 sehingga thitung > ttabel. Hasil hipotesis menunjukan bahwa hasil belajar menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan teknik membaca Formula 5S lebih baik dibandingkan teknik pendekatan tradisional. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan teknik membaca Formula 5S lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dalam menemukan masalah utama dengan menggunakan teknik pendekatan tradisional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2011 IND
Keywords: Membaca,Pendekatan Tradisional,Berita Bertopik Sama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23658

Actions (login required)

View Item View Item