EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Yulita, Mira (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Sehubungan dengan itu masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi siswa yang mengikuti pembelajaran berdasarkan masalah, kemampuan menulis puisi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan efektifitas pembelajaran berdasarkan masalah dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah 176 orang dan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 40% dari jumlah populasi yang ada. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik acak sampling kelas. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 35 siswa yang mengikuti pembelajaran berdasarkan masalah, dan 35 siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk penugasan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis puisi yang menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) pada siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan adalah baik dengan nilai rata-rata 75,14. Kemampuan menulis puisi yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional cukup dengan nilai rata-rata 64,57. Selanjutnya karena nilai kemampuan menulis puisi yang mengikuti pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dari pada yang mengikuti pembelajaran konvensional, bermakna bahwa strategi pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Untuk itu dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa, perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: Sk-2011 IND
Keywords: Puisi,Menulis,Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item