Sihombing, Mey Alsih (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CAMTASIA JURUSAN TATA KECANTIKAN RAMBUT SMK N 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 8146122027 COVER.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 8146122027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 8146122027 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 8146122027 PREFACE.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 8146122027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 8146122027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 8146122027 TABLES.pdf - Published Version Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 8146122027 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
12. NIM. 8146122027 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 8146122027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (297kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah video pembelajaran dengan aplikasi camtasia pada mata pelajaran pemangkasan dan penataan rambut layak digunakan pada siswa kelas kelas XI Kecantikan Rambut di Sekolah SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi mata pelajaran Penataan dan Pemangkasan Rambut, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan dua puluh enam siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penataan dan Pemangkasan Rambut untuk siswa kelas XI Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Pematangsiantar dengan presentase rata-rata sebesar 95,09%, dengan nilai 5 skala likert dan berada pada criteria “Baik Sekali”, (2) uji ahli materi mata pelajaran penataan dan pemangkasan rambut berada pada criteria baik sekali (97,11%) (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada criteria baik sekali (90,00%) (4) uji ahli media berada pada criteria baik sekali (97,11%), (5) uji perorangan berada pada criteria baik sekali (96,58 %), (6) uji kelompok kecil berada pada criteria baik sekali ( 95,80%), (7) uji coba lapangan berada pada criteria baik sekali (93,95%). Hasil pengembangan media interaktif menunjukan validasi ahli menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Baik Sekali” dan uji kelayakan menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Baik Sekali”.
Actions (login required)
![]() |
View Item |