PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN

Nelvianti, Yuni (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.8146172071. COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8146172071. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.8146172071. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8146172071. PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.8146172071. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.8146172071. TABLES.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.8146172071. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.8146172071. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM.8146172071. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8146172071. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaran biasa. (2) Apakah kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaran biasa. (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa (5) peningkatan kemampuan representasi matematik siswa setelah memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (6) peningkatan disposisi matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (7) bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan representasi pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Dharmawangsa Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas berjumlah 60 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan representasi matematik, (2) tes angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,53 dan 0,81 berturut-turut untuk kemampuan representasi dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t dan uji Anava 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaran biasa dengan rata-rata kelas eksperimen 25,600 dan mean kelas kontrol 22,900. (2) Kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah (PBM) lebih baik dari pada pembelajaran biasa dengan hasil postes disposisi matematis siswa diperoleh mean kelas eksperimen 92,400 dan mean kelas kontrol 82,870. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematik siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa, (5) Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji statistik diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,521, (6) Peningkatan disposisi matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji statistik terhadap hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,571. (7) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan mengunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 510.071 2 Nel p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Representasi; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23624

Actions (login required)

View Item View Item