EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Manurung, Enita Nirwana (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Enitaaa.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Problem Based Introduction (PBI) dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas X SMA Bintang Timur Pematang siantar Tahun Pembeajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa dari populasi 109 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Two Group Pos- Test Design, yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Kelas eksperimen menggunakan model problem based introduction dengan sampel 26 siswa dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan sampel 26 siswa. Alat atau instrument penelitian ini adalah penugasan. Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik yaitu uji “t” (Sudijono, 2009:282-285) dengan rumus to = M1 M2 1 2 SE M M   dimana, taraf signifikan 5% = 2,01 dan 1% = 2,68 dengan dk = 50, karena to lebih besar dari ttabel yaitu 2,01 < 5,53 > 2,68, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model problem based introduction lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based introduction lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel siswa kelas XI SMA Bintang Timur Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Problem Based Introduction,Menulis Artikel,Artikel Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item View Item