PENERAPAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Pratiwi, Eka (2010) PENERAPAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COMPER.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model time token terhadap kemampuan berpidato oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain Penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test. Populasi pada penelitian ini berjumlah 160 orang dengan sampel 40 orang yang hanya satu kelas saja tetapi dua kali diberi perlakuan. Yang pertama perlakuan sebelum menggunakan model time token dan kedua diberi perlakuan sesudah menggunakan model time token. Penelitian ini menggunakan rumus simpangan baku sebelum dan sesudah perlakuan, uji normalitas, uji homogenitas,dan uji beda. Analisis data dapat ditemukan bahwa skor rata-rata sebelum menerapkan model pembelajaran model time token terhadap kemampuan berpidato 65,71 sedangkan rata-rata pembelajaran berpidato sesudah menerapkan model time token terhadapa kemampuan berpidato adalah 72,95. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistic “t”. Selanjutnya dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 10,85. Harga “t” tabel pada taraf signifikansi 95% adalah 2,02. Oleh karena harga thitung > ttabel , maka hipotesis nihil (H0) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpidato siswa sebelum menggunakan model time token dengan sesudah menggunakan model time token. Hal ini berarti bahwa Hipotesis awal (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima yaitu menyatakan bahwa ada perbedaan yang nyata dari kemampuan belajar siswa yang menggunakan model time token terhadap kemampuan berpidato. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan siswa masih rendah dan sesudah diberi perlakuan hasil kemampuan siswa meningkat dari sebelumnya. Semoga hasil penelitian ini berguna bagi siswa, guru, dan kepala sekolah dalam upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpidato.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: Sk-2010 IND
Keywords: Time Token,Berpidato,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23602

Actions (login required)

View Item View Item