EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN MERINGKAS EFEKTIF DENGAN RUMUS 4P (PANTAU, PANGKAS, PADUKAN, PANGGIL) TERHADAP KEMAMPUAN MERANGKUM WACANA EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS XI MAN SIABU TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Nasution, Efrina yanti (2010) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN MERINGKAS EFEKTIF DENGAN RUMUS 4P (PANTAU, PANGKAS, PADUKAN, PANGGIL) TERHADAP KEMAMPUAN MERANGKUM WACANA EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS XI MAN SIABU TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik pembelajaran meringkas efektif dengan rumus 4P terhadap kemampuan merangkum wacana melalui kegiatan membaca. Teknik penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini 152 siswa kelas XI MAN SIABU. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang siswa dari dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas control. Masing-masing kelas terdiri dari 38 siswa yang akan dijadikan sampel. Sampel yang digunakan adalah sampling random. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus : MX MY X Y SE M M t    0 Setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan table pada taraf 5% atau 1% dengan df=(N1+N2)-2 =(38+38)-2=74. Pada table t dengan df=74 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65, karena to yang diperoleh lebih besar dari t table yaitu 2,0<5,6>2,65, maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini berarti teknik pembelajaran meringkas efektif dengan rumus 4P lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional terhadap kemampuan merangkum wacana eksposisi melalui kegiatan membaca siswa kelas XI MAN SIABU tahun pembelajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Teknik Pembelajaran,MerangkumWacana,Ceramah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23600

Actions (login required)

View Item View Item