EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “DAERAH GARONG” KARYA M. SHOIM ANWAR OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Situmeang, Dahriansyah (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “DAERAH GARONG” KARYA M. SHOIM ANWAR OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGATAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih efektiif dan berpengaruh signifikan antara model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD dengan model pembelajaran Belajar Tuntas terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen. Efektifitas model ini dapat dilihat dari perbedaan hasil pembelajaran/kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 170 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random yaitu sebanyak 68 orang dari jumlah populasi. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen Post-Test Only Desain Group. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Tes essay ini berupa soal menganalisis unsur intrinsik cerpen. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu Tes Awal dan Tes Akhir. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor 2 dibandingkan satu sama lain. Sebelum uji persyaratan analisis yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Dari pengolahan data, diperoleh hasil kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD dengan mean = 82,05, Standar Deviasi = 7,08, dan Standar Error = 1,23, Uji Normalitas hitung L < tabel L (0,14 < 0,15), sedangkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan Model Pembelajaran Belajar Tuntas memiliki mean = 74,55, Standar Deviasi = 6,45, dan Standar Error = 1,12. Standar Error perbedaan kedua mean Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Belajar Tuntas = 1,66. Uji Normalitas hitung L < tabel L (0,12 < 0,15). Homogenitas semua sampel =1,20 < 1,74. Maka dapat dihitung nilai o t , o t = 4,51. t t 5% = 2 dan 1% = 2,65 karena o t yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2 < 4,51 > 2,65 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD lebih efektif dan dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sibolga Tahun Pembelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: sk-2010 ind
Keywords: Mastery Learning,Model Pembelajaran Cooperatif,STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 02:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23592

Actions (login required)

View Item View Item