STUDI KORELASIONAL KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BEAJAR PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN PADA SISWA SMK MULTI KARYA

Ndraha, Doni Ardi Yunus (2017) STUDI KORELASIONAL KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BEAJAR PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN PADA SISWA SMK MULTI KARYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123121007 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123121007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123121007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123121007 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123121007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123121007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123121007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan matematis dengan hasil belajar mata pelajaran paket keahlian teknik pemesinan (teknik gambar manufaktur, teknik pemesinan bubut, dan teknik pemesinan frais) siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Multi Karya tahun ajaran 2016/2017 pada semester ganjil. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Multi Karya berjumlah 25 orang, sedangkan sampel penelitian adalah semua populasi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan tes adalah variabel Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Matematis, sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Paket Keahlian Teknik Pemesinan dijaring dengan menggunakan dokumentasi. Instrumen kecerdasan visual spasial sebanyak 24 butir dan 20 butir yang valid dengan reliabilitas 0,830 tergolong sangat tinggi, sedangkan instrumen tes kecerdasan matematis sebanyak 30 butir dan 25 butir yang valid dengan reliabilitas 0,865 tergolong sangat tinggi. Hasil analisis antara kecerdasan visual spasial dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan menunjukkan korelasi product momen kecerdasan visual spasial 0,8518 (sangat kuat). Kemudian hasil analisis antara kecerdasan matematis dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan menunjukkan korelasi product momen kecerdasan matematis 0,856 (sangat kuat) dan hubungan antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan matematis secara bersama-sama dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan menunjukkan korelasi 0,8863 (sangat kuat). Dengan demikian dapat di simpulkan apabila guru meningkatkan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan matematis siswa, maka hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan juga meningkat. Salah satu aktivitas untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial adalah dengan mengembangkan kemampuan untuk memberi perhatian pada detail visual dan kecerdasan matematis dengan cara bermain logika dan permainan strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRiadi, Selamat196510041993031004
Call Number: SK-2017 MES 027
Keywords: Kecerdasan visual spasial; Kecerdasan matematis; Hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 02:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item