PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA SMKN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM

Rahmi, (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA SMKN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146171068 COVER.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146171068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146171068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146171068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146171068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146171068 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146171068 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146171068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8146171068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146171068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan effektif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Mengetahui kualitas produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah (validitas, kepraktisan dan keeffektifan) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) Mengetahui peningkatan komunikasi siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah; 3) Mengetahui peningkatan self-efficacysiswa yang belaja rmenggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian inimenggunakan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Validitas produk a) RPP meliputi aspek kelayakan format, bahasa dan isi dengan total skor 4,26 berada dalam kategori “Valid”; b) Buku siswa meliputi aspek kelayakan format, bahasa, isi, penyajian dan kegrafikan dengan skor total 4,50 dan berada dalam kategori ‘Valid”; c) LKS dengan skor 4,37 berada dalam kategori “Valid”; d) Tes kemampuan komunikasi matematis berada dalam katagori valid; e) Self efficacy berada dalam kategori valid. (2) Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dilihat dari 2 (dua) aspek, yaitu: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori minimal tinggi. Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran padaujicoba 1 adalah 3,25. Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran padaujicoba 2 adalah 3,41. (3) Keefektifan produk: a) Ketuntasan belajar siswa. Dari hasi luji coba 1 sebesar 76,7 % sedangkan untuk uji coba 2 sebesar 86,67%, dengan demikian nilai ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 9,97%; b) Aktivitas siswa menunjukkan seluruh kategori aktivitas siswa (5 kategori) telah berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang sulit ditingkatkan terletak pada indikator menyatakan masalah sehari-hari kedalam bahasa atau symbol matematiks ebesar 0,12. Peningkatan self-efficacy tertinggi terdapat pada indicator Menghasilkan prestasi yaitu sebesar 2,4.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Call Number: 510.071 9 Rah p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PBL; Komunikasi matematis; Self efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Feb 2017 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item