PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Banurea, S.Gana M (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123341100 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123341100 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123341100 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123341100 PREFACE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123341100 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123341100 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123341100 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123341100 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123341100 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123341100 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123341100 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Prestasi Belajar ekonomi, 2) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat T.A.2016/2017 dengan populasi sebanyak 98 siswa dan dengan sampel sebanyak 98 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik total sampling. Dari hasil uji Validitas angket yang penulis lakukan hasilnya yaitu Variabel X1 atau media visual dari 20 item soal yang diujikan hasilnya valid semua begitu juga dengan variabel X2 atau minat belajar dari 20 item soal yang diujikan ternyata hasilnya valid semua. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel Media Pembelajaran Visual (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (6,432 > 1,661) dan Minat Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (8,866 > 1,661). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa Penggunaan Media Pembelajaran Visual dan Minat Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (73,143 > 3,09). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,606 yang artinya Penggunaan Media Pembelajaran Visual dan Minat Belajar sebesar 60,6% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran Visual dan Minat Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat T.P.2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibarani, Sahat195206261979031006
Call Number: SK-2017 EKO 005
Keywords: Media Pembelajaran Visual,Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Feb 2017 02:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23333

Actions (login required)

View Item View Item