PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DENGAN TPS DI KELAS VII MTsN TANJUNG MORAWA T.A 2016/2017

Azhari, Nur (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DENGAN TPS DI KELAS VII MTsN TANJUNG MORAWA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123111055 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123111055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123111055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123111055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123111055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123111055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123111055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123111055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123111055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123111055 BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123111055 BAB V.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123111055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pecahan di kelas VII MTs Negeri Tanjung Morawa T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I MTs Negeri Tanjung Morawa yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 219 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 14,75 dan skor rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 10,806. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 3,9037 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,9037 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII MTs Negeri Tanjung Morawa T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, P.195410191980111001
Call Number: SK-2017 MAT 030
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; TTW; TPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 03:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23283

Actions (login required)

View Item View Item