DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA SUB MATERI ALKANAALKENAALKUNA

Cibro, Kartina (2017) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA SUB MATERI ALKANAALKENAALKUNA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331021 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123331021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331021 BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123331021 BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning menggunakan media power point lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvesional menggunakan media power point. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sampel secara teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas. Sampel kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan model problem based learning dengan media power point, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran konvesional dengan media power point. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat dari kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 38,2 dan postest 76,8. Sedangkan siswa pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 38,8 dan postest 67,2. Uji hipotesis pertama dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 4,1065; ttabel = 1,6827 untuk α= 0,05 dan db = 46. Dengan demikian thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan media power point lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvesional dengan menggunakan media power point pada materi alkana, alkena alkuna. Dengan melihat keberhasilan belajar menggunakan problem based learning dengan menggunakan media power point pada pokok materi alkana, alkena alkuna, diharapkan model pembelajaran ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka196008151985031006
Call Number: SK-2017 KIM 009
Keywords: Hidrokarbon, Arti Media, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 05:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item