PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TUMBUHAN BERBIJI (Spermathopyta) DI KELAS X SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2015/2016

Handayani, Putri (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TUMBUHAN BERBIJI (Spermathopyta) DI KELAS X SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123141076 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123141076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123141076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123141076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123141076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123141076 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123141076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123141076 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123141076 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123141076 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123141076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Eria Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media herbarium dan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Eria Medan yaitu sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 290 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas Eksperimen I (X-4) dan kelas Eksperimen II (X-5) masing-masing sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektifitas yaitu untuk soal postest sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang diajarkan menggunakan media herbarium dan media gambar dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,79>1,997 pada taraf = 0,05. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postest sebesar 73,5. Sedangkan hasil beajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postest sebesar 66,1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Martina Astuti196503051990022001
Call Number: SK-2017 BIO 026
Keywords: Media Herbarium, Media Gambar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL799 Morphology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 04:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item