PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI RPL SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P. 2016/2017

Hardianti, Suci (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI RPL SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_NIM 4121121028_COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_NIM 4121121028_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_NIM 4121121028_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_NIM 4121121028_PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_NIM 4121121028_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_NIM 4121121028_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_NIM 4121121028_TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_NIM 4121121028_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_NIM 4121121028_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_NIM 4121121028_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_NIM 4121121028_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI RPL semester ganjil di SMK Negeri 1 Patumbak T.P. 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI RPL semester ganjil yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI RPL 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching yang berjumlah 30 orang dan kelas XI RPL 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 37,3 dan kelas kontrol adalah 38, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,2 dan kelas kontrol 62,2. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,2 > 1,671), artinya ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI RPL semester ganjil di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuliani, Rita19697151997022001
Call Number: SK-2017 FIS 017
Keywords: quasi eksperiment, quantum teaching, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item