PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2 015 /2 01 6

Putri, Utami (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2 015 /2 01 6. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123121077 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123121077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123121077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123121077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123121077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123121077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123121077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123121077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123121077 BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123121077 BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123121077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubukpakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas Kontrol dengan masing-masing berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar afektif dan psikomotorik siswa. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki peningkatan yang lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Lubukpakam Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Mukti Hamjah197704252008011011
Call Number: SK-2017 FIS 040
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item View Item