PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI TK JUDIKA HKI KEC. DOLOK MASIHUL KAB. SERDANG BERDAGAI T.A 2016/2017

Sidauruk, Meri (2017) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI TK JUDIKA HKI KEC. DOLOK MASIHUL KAB. SERDANG BERDAGAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123171022_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123171022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123171022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123171022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123171022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123171022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123171022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123171022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123171022_BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123171022_BAB V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123171022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bahwa keterampilan berbicara anak belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran masih bersifat biasa dan tidak menarik perhatian siswa, kegiatan pembelajaran masih banyak berpusat kepada guru yang lebih banyak berbicara sehingga kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dan juga metode yang digunakan guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di TK Judika HKI Kelas B_1 sebagai kelas Eksperimen dan Kelas B_2 (TK HKBP Sinta Nauli) sebagai kelas Kontrol. Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas yaitu sebanyak 15 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Variabel bebas adalah metode tanya jawab dan variabel terikat adalah keterampilan berbicara. Instrume pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata α =0,05. Berdasarkan hasil analisis di atas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 53,18 dengan nilai tertinggi 64 dan nilai terendah 44, sehingga keterampilan berbicara anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 47,8 dengan nilai tertinggi 58 dan nilai terandah 38. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis meyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode eksperimen terhadap kemampuan anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh t_(hitung )> t_(tabel )yaitu 6,670 > 1,701 pada taraf nyata α = 0,05. Dengan demikian penggunaan metode tanya jawab dengan memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap keterampilan berbicara anak dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan metode tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHandayani, Silvia Mariah198601102008122002
Call Number: SK-2017 PLS 011
Keywords: Keterampilan berbicara; Anak; Tanya jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23212

Actions (login required)

View Item View Item