UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI PELATIHAN DENGAN STRATEGI MASTERY LEARNING DI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Sinaga, Suyandi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI PELATIHAN DENGAN STRATEGI MASTERY LEARNING DI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146132058 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146132058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146132058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146132058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146132058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146132058 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146132058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146132058 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146132058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146132058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146132058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru teknik pemesinan membuat proposal PTK melalui penerapan pelatihan dengan strategi mastery learning di SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah guru-guru program studi teknik pemesinan di SMK Negeri 2 Pematangsiantar berjumlah 8 (delapan) orang. Subjek penelitian ditentukan dengan carapurposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan guru membuat proposal PTK digunakan adalah daftar cocok dengan jumlah indikator sebanyak 50. Sedangkan untuk mengamati pelatihan dengan strategi mastery learninguntuk meningkatkan kompetensi guru membuat proposal PTK digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterjadi peningkatan kompetensi guru membuat proposal PTK pada siklus I dengan rata-rata persentase ketuntasan guru dalam membuat proposal PTK 78,50%. Pada siklus II rata-rata peningkatan kompetensi guru membuat proposal PTK sebesar 100%..Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan pelatihan dengan strategi mastery learning dapat meningkatkan kompetensi guru teknik pemesinan membuat proposal PTK di SMK Negeri 2 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sukarman196205231987031002
Thesis advisorSitanggang, Nathanael195808161984031001
Call Number: 371.11 Sin u
Keywords: Pelatihan; Mastery learning; Proposal PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item View Item