PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR MELAKUKAN OVERHAUL SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 MEDAN

Irvansyah, (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR MELAKUKAN OVERHAUL SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5121122002 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5121122002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5121122002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5121122002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5121122002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5121122002 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5121122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5121122002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5121122002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 512112200 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5121122002 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual (Video) Terhadap Hasil Belajar Melakukan Overhaul Sistem Pendingin Dan Komponen-Komponennya Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 5 Medan Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas XII TKR 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan Kelas XII TKR 3 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 35 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan strategi Pembelajaran dengan menggunakan media Audiovisual (Video), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan strategi pembelajaran tanpa menggunakan media Audiovisual (Video). Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan media Audiovisual (video) dengan tanpa media Audiovisual (video) pada mata pelajaran Melakukan Overhaul Sistem Pendingin Dan Komponen-Komponennya Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,568 > 1,998 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audiovisual (video) dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaryanto, EkaUNSPECIFIED
Call Number: SK-2017 OTM 001
Keywords: Media Audiovisual, Video, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23107

Actions (login required)

View Item View Item