Peranginangin, Andri Bawena (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 6123111008 COVER.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 6123111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 6123111008 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 6123111008 PREFACE.pdf - Published Version Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 6123111008 TABLES.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 6123111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 6123111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 6123111008 APPENDICES.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM. 6123111008 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 6123111008 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM. 6123111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble dalam permainan bola basket melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 36 orang yang diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dribble yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Instumen penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan gerak dribble bola basket yang berbentuk portofolio. Analisis data dilakukan dengan deskriptif data, mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar . Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gaya mengajar resiprokal berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe tahun ajaran 2016/2017. Nilai ratarata pada data awal adalah 70,167 ( Tidak tuntas ), pada tes siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,450 ( Tidak tuntas ), pada pelaksanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat mencapai 80,552 ( Tuntas ). Persentase ketuntasan belajar siswa pada tes awal adalah 33,33 %, pada tes siklus I meningkat menjadi 55,56 % dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 88,89 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar dribble permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2017 PJKR 014 | ||||||
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Bola Basket | ||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:33 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |