UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP LILIN DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA ALMAKSUM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Wijaya, Roky Candra (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP LILIN DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA ALMAKSUM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6123111082 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6123111082 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6123111082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6123111082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6123111082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6123111082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6123111082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6123111082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6123111082 BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6123111082 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6123111082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sikap lilin dalam pembelajaran Senam Lantai Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas VII 4 yang berjumlah sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 16 putra dan 8 putri yang akan diberikan tindakan melalui Gaya Mengajar Resiprokal terhadap proses belajar Sikap Lilin Dalam Pembelajaran Senam Lantai. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal (pre-test) diperoleh 8 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (33,33%), sedangkan 16 siswa belum mencapai ketuntasan belajar ( 66,67%) dengan nilai rata-rata 7,2. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (54,16%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (45,83%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 8,12. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (12,5%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 86,60. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 33,34% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 10,41. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Gaya Mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar sikap lilin dalam pembelajaran Senam Lantai Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaputra, Iwan197705042005011003
Call Number: SK-2017 PJKR 008
Keywords: Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Senam Lantai
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 09:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22973

Actions (login required)

View Item View Item