PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN RAMBUT UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Sinaga, Intan Quavadis (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN RAMBUT UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123144012- COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123144012- APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123144012- ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5123144012- PREFACE.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123144012- TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123144012- ILLUTRATION.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123144012- TABLE.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5123144012- APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 5123144012 - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 5123144012 - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123144012 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media pembelajaran berupa produk media pembelajaran Swish Max pada mata pelajaran dasar kecantikan rambut dan untuk mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran Swish Max Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran dasar kecantikan rambut pada kompetensi pengurutan kulit kepala yang didesain menggunakan media pembelajaran Swish Max. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tata kecantikan rambut yang berjumlah 32 orang di SMK Negeri 8 Medan. Media pembelajaran Swish Max meliputi tiga tahapan, yakni : penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek analisis kebutuhan siswa berjumlah 32 orang Tata Kecantikan Rambut dan 2 orang guru mata pelajaran Dasar Kecantikan Rambut. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, Uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 orang siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 32 orang siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa menyatakan 86,6% membutuhkan media swish max, (2) Guru menyatakan 88% membutuhkan media Swish Max, (3) uji ahli materi pengurutan kulit kepala berada pada kualifikasi sangat baik (86,4%), (4) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (80,7%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi sedang (78,1%), (6) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (81%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (87,9%), (7) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (87,9%), (8) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (84,5%). ini membuktikan tingkat keefektifan media pembelajaran Swish Max pada mata pelajaran dasar kecantikan rambut pada kompetensi pengurutan kulit kepala dan layak untuk diproduksi sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001tek
Call Number: SK-2017 RIAS 002
Keywords: Pengembangan Media pembelajaran swish max; Dasar kecantikan Rambut
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Feb 2017 08:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item