PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERINTEGRASI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

Selviani, Neni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERINTEGRASI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131064 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123131064 BAB I.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131064 BAB V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123131064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131064 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia, menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct instruction terintegrasi metode eksperimen pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang berjumlah 150 orang dan sampel yang digunakan pada penelitian ini dipilih secara lansung, XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model direct instruction dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk soal pilihan berganda dengan ranah kognitif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas dari data, diperoleh bahwa kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test uji dua pihak dengan hasil thitung = 8,32 sedangkan ttabel = 1,990 untuk α = 0.05 dan dk = 78 sehingga thitung > 1,990. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 83,9% dan kelas eksperimen II pada kelas esperimen sebesar 70,4% diperoleh perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,5% maka Ha dierima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct instruction terintegrasi metode eksperimen pada pokok bahasan hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJasmadi, 196511041991031002
Call Number: SK-2017 KIM 001
Keywords: Inkuiri terbimbing, Direct Instruction, Eksperimen, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22959

Actions (login required)

View Item View Item