PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERINTEGRASI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

Selviani, Neni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERINTEGRASI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123131064 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123131064 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123131064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123131064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123131064 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123131064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123131064 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123131064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123131064 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123131064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123131064 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123131064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123131064 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123131064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123131064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123131064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM  4123131064 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123131064 BAB I.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123131064 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123131064 BAB V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123131064 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123131064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123131064 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123131064 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia,
menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct instruction terintegrasi
metode eksperimen pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam
penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan
yang berjumlah 150 orang dan sampel yang digunakan pada penelitian ini dipilih
secara lansung, XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri
terbimbing dengan metode eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II
menggunakan model direct instruction dengan metode eksperimen. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk soal pilihan
berganda dengan ranah kognitif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Setelah dilakukan uji
normalitas dan homogenitas dari data, diperoleh bahwa kedua kelompok sampel
berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test
uji dua pihak dengan hasil thitung = 8,32 sedangkan ttabel = 1,990 untuk α = 0.05
dan dk = 78 sehingga thitung > 1,990. Peningkatan hasil belajar pada kelas
eksperimen I sebesar 83,9% dan kelas eksperimen II pada kelas esperimen sebesar
70,4% diperoleh perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,5% maka
Ha dierima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan
hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct
instruction terintegrasi metode eksperimen pada pokok bahasan hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 001
Keywords: Inkuiri terbimbing, Direct Instruction, Eksperimen, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:54
Last Modified: 14 Feb 2017 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22959

Actions (login required)

View Item
View Item